Jenis Jenis Teh Ceylon dari Sri Lanka yang Jarang Orang Tahu

Tidak banyak orang yang tahu kalau Sri Lanka mempunyai tumbuhan teh yang sangat terkenal. Teh ini namanya teh Ceylon atau orang biasanya menyebutnya Teh Sri Lanka.

Teh Ceylon biasanya dikonsumsi sebagai minuman yang menyegarkan. Umumnya disajikan hangat sebagai minuman favorit di Sri Lanka. Untuk mengurangi rasa pahit yang ideal adalah dengan dicampur susu, sehingga menghasilkan rasa yang lebih halus. Minuman teh susu inilah yang kita kenal dengan nama teh tarik.

DidalamĀ  8 ons teh hitam Ceylon umumnya mengandung 50 sampai 90 miligram kafein, tergantung pada kekuatan yang diseduh. Teh hijau Ceylon biasanya mengandung sekitar 35 miligram per cangkir, dan teh putih Ceylon mungkin memiliki sedikitnya 6 miligram, tergantung dari mana asalnya.

Meskipun beberapa produsen Sri Lanka mengembangkan penawaran mereka untuk memasukkan teh hijau dan jenis teh lainnya, kebanyakan teh Ceylon adalah teh hitam.

Ada tujuh wilayah penghasil teh di Sri Lanka, dan teh Ceylon dikategorikan berdasarkan tiga ketinggian berbeda yaitu tumbuh tinggi (di atas 4.000 kaki), sedang (antara 2.000 dan 4.000 kaki), dan tumbuh rendah (dari permukaan laut hingga 2.000 kaki) ).

Berikut ini beberapa jenis teh ceylon

Nuwara Eliya

Nuwara Eliya adalah daerah penghasil teh dengan ketinggian tertinggi di Sri Lanka. Itu juga terletak di tengah pulau, sebelah barat Uva dan utara Dimbula. Daerahnya dapatĀ  menghasilkan teh dengan keharuman bunga yang lembut dan rasa yang ringan dan segar. Teh dataran tinggi Nuwara Eliya sangat cocok disajikan dengan lemon dan es sebagai lemon tea.

Uva

Uva adalah dataran tinggi penghasil teh paling terkenal di Sri Lanka. Terletak di Sri Lanka tengah, di sebelah timur Nuwara Eliya dan Dimbula. Wilayah Uva menghasilkan teh hitam dengan rasa manis yang khas dan aroma kayu yang dapat menampung sedikit susu. Beberapa teh putih juga diproduksi di Uva.

Dimbula (atau Dambulla)

Dimbula adalah daerah penghasil teh di Sri Lanka tengah. Ini adalah wilayah paling selatan dari tiga wilayah terkenal. Beberapa teh bertubuh penuh, sementara yang lain lembut, tetapi sebagian besar memiliki rasa yang lembut.

Uda Pussellawa

Uda Pussellawa dekat dengan Nuwara Eliya, di daerah yang memiliki curah hujan tinggi. Tehnya mirip dengan teh dari Nuwara Eliya, tetapi lebih gelap, dengan corak merah muda dan rasa yang lebih kuat.

Kandy

Kandy adalah distrik elevasi tingkat menengah yang menghasilkan teh setengah matang, yang memiliki variasi rasa tergantung pada paparan angin monsun. Teh umumnya bertubuh penuh, berair, dan berwarna tembaga.

Ruhuna dan Sabaragamuwa

Ruhuna dan Sabaragamuwa adalah daerah dataran rendah yang menghasilkan teh hitam yang tumbuh rendah dengan rasa penuh, warna oranye dan merah yang kaya, dengan nada madu, coklat, dan karamel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme: Overlay by Kaira 2020 Origina Indonesia All Right Reserved
Jakarta, Indonesia